Wednesday, May 31, 2017

Tugas #1 Etika & Profesionalisme TSI

Pengertian Etika
Etika adalah memperhatikan perilaku manusia dalam mengambil suatu keputusan dengan moral. Etika lebih fokus pada penggunaan akal manusia untuk menentukan benar atau salahnya suatu kejadian dan tingkah laku seseorang kepada orang lain.
Pengertian Profesi
Profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan dan menguasai keahlian khusus untuk mempertanggungjawabkan tugasnya di bidangnya masing-masing.
Ciri-ciri khas profesionalisme
  • Memiliki pengetahuan yang khusus, keahlian dan keterampilan yang tinggi dalam pelaksanaan tugas.
  • Memprioritaskan kepentingan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi.
  • Memiliki izin khusus dan lisensi untuk menjalankan suatu profesi.
  • Setiap pelaksana profesi selalu mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
Kode Etik Profesi
Kode etik profesi adalah suatu komitmen sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. Dengan adanya kode etik ini akan melindungi perbuatan-perbuatan yang tidak professional.
Contoh Kasus Cyber Crime
Salah satu contoh kasus yang terjadi adalah pencurian dokumen terjadi saat utusan khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dipimpin Menko Perekonomian Hatta Rajasa berkunjung di Korea Selatan. Kunjungan tersebut antara lain, guna melakukan pembicaraan kerja sama jangka pendek dan jangka panjang di bidang pertahanan. Delegasi Indonesia beranggota 50 orang berkunjung ke Seoul untuk membicarakan kerja sama ekonomi, termasuk kemungkinan pembelian jet tempur latih supersonik T-50 Golden Eagle buatan Korsel dan sistem persenjataan lain seperti pesawat latih jet supersonik, tank tempur utama K2 Black Panther dan rudal portabel permukaan ke udara. Ini disebabkan karena Korea dalam persaingan sengit dengan Yak-130, jet latih Rusia. Sedangkan anggota DPR yang membidangi Pertahanan (Komisi I) menyatakan, berdasar informasi dari Kemhan, data yang diduga dicuri merupakan rencana kerja sama pembuatan 50 unit pesawat tempur di PT Dirgantara Indonesia (DI). Pihak PT DI membenarkan sedang ada kerja sama dengan Korsel dalam pembuatan pesawat tempur KFX (Korea Fighter Experiment). Pesawat KFX lebih canggih daripada F16. Modus dari kejahatan tersebut adalah mencuri data atau data theft, yaitu kegiatan memperoleh data komputer secara tidak sah, baik digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Indentity Theft merupakan salah satu jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan. Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage. Perbuatan melakukan pencurian dara sampai saat ini tidak ada diatur secara khusus.
Pengertian IT Forensic
IT Forensic adalah cara menganalisa dan menyelidiki suatu masalah atau insiden yang melibatkan IT. Dan juga ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi.
Salah satu contoh tools IT forensic
Honeypot dan Alat Analisis forensik berdasarkan distro KNOPPIX STD dan Tiny honeypot oleh George Bakos. Honeypot merupakan sebuah tools keamanan jaringan yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mendeteksi jika ada penyerang yang masuk ke dalam sistem jaringan.
Honeypot adalah sistem komputer yang dengan sengaja digunakan untuk menjadi target serangan para hacker. Setiap interaksi dengan honeypot akan dicurgai sebagai aktivitas penyerangan. Misalnya, jika ada orang yang melakukan scanning jaringan, ketika ia mencoba koneksi ke honeypot tersebut, maka honeypot akan mendeteksi dan mencatatnya, karena seharusnya tidak ada yang berinteraksi dengan honeypot.
Cita-Cita di Bidang IT
cita-cita penulis dalam bidang IT ingin mendirikan perusahaan starup dan membuat atau mengembangkan aplikasi pada mobile phone. 

Referensi:


No comments:

Post a Comment